Pages

Sabtu, 08 Januari 2011

Cara mengajarkan multi languange pada anak

Hmmm ◦°◦ºº .. Banyak mommy Ÿªňƍ pada pusing nie handle anaknya , kadang berasa serba salah juga , apa lagi Ÿªňƍ punya suami "bule" . Kadang mau diajarin bahasa inggris , ato jepang eh.. Lingkungan nya pada rame pake bahasa indo, mau pake bahasa indo ehh.. Si daddy Ÿªňƍ malah agak ga nyambung (¬_ ¬!!)””.. Pusing deh .. Ada Ÿªňƍ bilang mending ga usah pake bahasa campur-campur (-̩̩̩-͡ ̗--̩̩̩͡ ) , ada Ÿªňƍ bilang ga papa .. Etece ... Weleeeehhh.. Makin + pusing (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)
Jadi gimana solusinya .. ?? Apa Ÿªňƍ sebaiknya kita lakukan ..

KaLo versi saya :
Ga masalah tu pake 2 bahasa sekaligus. Walau my hubby bukan bule.. Tp karna kita pengennya Lio (12M) bisa ngomong inggris" dikit ( ‎​​◦°◦"̮♡hii♡hii♡hii♡"̮ ) jd ya pake bahasa nyampur.
Misal :
si ayah : ketika Lio minta kue , kita ambil kan aja tapi sebelum di kasih saya selalu ngomong " Lio mau apa ? Kue ya ? Apa ? K-U-E .. "

Si bubhu : Ato dia mau berdiri " stand up - berdiri - stand up .. "
Saya selalu mengulang kata-kata dalam b.inggris terus indo terus inggris lagi..
And alhamdulillahh lio mengerti ‎​​\(´▽`)/
(Tapi bener kah cara saya ..?? Lets cekidott.. )

Nah Ÿªňƍ ini versi paman google dkk (ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ) /searching sana sini :
Share temen-temen milis saya bilang , ada Ÿªňƍ anaknya dari kecil pake beberapa bahasa tidak menjadi masalah ‎​​\(´▽`)/ , ada juga Ÿªňƍ Si anak malah jd binggung (-̩̩̩-͡ ̗--̩̩̩͡ ) , ada Ÿªňƍ konsultasi ke Dsa nya and dikasih saran untuk tidak memakai bahasa lain dulu selain bahasa ibu ‎​(•͡˘˛˘ •͡) ..
Welehhh.. Macem-macem ya..
Kalo versi seaching .. DAN TERNYATA .. Ÿªňƍ bangus adalah .. Metode OPOL .. Dan sistem saya ga direcommend deh kayanya .... (-̩̩̩-͡ ̗̊--̩̩̩͡ )Ɨƚʊ̈̇ђυ͡_Ɨƚʊ̈̇ђυ͡(-̩̩̩-͡ ̗--̩̩̩͡ ) ...
So,OPOL singkatan dari One Parents One Language ,intinya setiap orang tua alangkah baiknya cuma memakai satu (1) bahasa saja dulu , nanti seiring bertambah terus usia anak barulah bisa kita ajarkan bahasa lainnya ..
Jadi kalo pake bahasa indo, indoo aja . Kalo mau inggris , inggris aja, ato kalo mau bhs.jepang.. Jepangg aja .. Gitu moms
H‎​‎​​​​​Õoooº°˚ ˚°º... ºoº :O ‎​‎​​​​​Õoooº°˚ ˚°º... ºoº :O .. *Begitu ternyata .. (^,^) .

‎​​◦°◦"̮♡hii♡hii♡hii♡"̮. Jd pengen maluu.. Metode ala saya melencengg .. Hohoho

Anyways, mommies Ÿªňƍ smart semua balik lagi sama si anak & parents nya mau pakai metode seperti apa, karna menurut saya tidak hanya metode aja Ÿªňƍ perlu diterapkan tapi faktor si ORANGTUA dan lingkungan juga sangat mempengaruhi . Intinya adalah Kita harus disiplin or konsisten dalam mengajari anak kita , tapi jangan lupa juga Ÿªňƍ kita lakukan tidak menjadi beban bagi anak, usahakan si anak tetap heppy & enjoy .

Lagi belajar nie.. Maaf kalo sharing saya ada Ÿªňƍ tidak berkenan, maaf banged.. Just share.. Boleh dikoreksi..

‎​♥·♡ cheer UP & peace cuyyy ‎​​\(´▽`)/ .. ♥·♡

Mrs.nugraha ( mommy Lio )

0 komentar:

Poskan Komentar